7.17.2009

Cara Pintar Memilih Laptop


Nah kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saat membeli laptop saya sendiri. Saya akui, memang sulit membeli laptop, banyak ada godaan dan kebingungan lagi pas membelinya, ya kan?


Nah disini saya akan sedikit memberikan pegalaman dan saran saya, jadi baca yang seksama yo

1.. Persiapan

Sebenarnya untuk memperlancar proses pemilihan dan pembelian laptop tahap persiapan lah yang paling penting. Kenapa ? Gini lo, coba kamu sekarang pengen beli laptop dan langsung pergi ke Pusat Penjualan Laptop, tar kamu disana akan melihat berbagai jenis laptop. Tampilannya bervariasi, ukurannya kecil-besar, warnanya bagus tetai harganya juga bagus. Disana anda pasti akan mulai kebingungan, milih yang mana ya? Ada yang mahal tapi bagus dan kecil, ada jga yang murah tapi ukurannya besar dan jenengnya gak bagus. Ada lagi, kamu sudah melihat latop yan kamu inginin, eh ternyata harganya tinggi amat..dan contoh lainnya(ya karena saya juga begitu dulu pas survey harga)

Karena beberapa alasan di atas, saya menyarankan kepada anda untuk lebih mempersiapkan segalanya dari rumah, dari sebuah perencanaan dulu. Berikut beberapa persiapan yang sebaiknya anda lakukan:

A. Apakah rencana anda untuk membeli laptop pada saat ini sudah tepat waktunya?

Ini adalah hal yang sepele tapi akan sangat berpengaruh dalam proses pembelian. Sebagai contoh sebelum saya membeli laptop saya, saya melihat dulu keadaan pasar dan keadaan perekonomian Indonesia. Bagaimana harga dolar, karena kebanyakan penjual laptop memakai patokan harga dolar( jangan sampai anda tidak tahu berapa harga tukar dolar saat anda membeli laptop ya,kalau tidak anda aka bisa ditipu dari harga nantinya!). Pikirkan apakah sekarang adalah saat yang tepat untuk membeli laptop? Tidakkah nantinya bakal turun harganya? Apakah saat saya membeli harganya sedang naik?
Jadi solusinya apa?? Ya itu,cari dulu informasi mengenai keadaan pasar pada saat anda ingin membeli. Dengan begitu anda akan lebih mantap niatnya untuk membeli dan tidak akan takut rugi di kemudian hari.

B. Anda ingin membeli laptop, tapi sebenarnya untuk apa?

Ini sangat penting! Biasanya orang membeli laptop tanpa tahu mana yang pas untuk keperluannya dia. Jangan saja anda Cuma sekedar iseng biar punya saja, saya jamin dikemudian hari anda akan menyesal karena laptop yang anda beli suatu saat tidak bisa anda gunakan untuk keperluan tertentu. Contoh: misalkan anda membeli laptop Cuma sekedar biar punya saja, anda membeli laptop hanya dari segi model dan ukuran saja. Terus suatu hari anda melihat teman anda sedang maen game seru dengan laptopnya dan anda pengen nyoba dan naruh di laptop anda, eh ternyata tidak bisa dipake karena grafisnya kurang. Rugi dah anda, nyesel dah anda jadinya.

Untuk menanggulangi kata penyesalan di kemudian hari, sebaiknya anda memikirkan dulu sebenarnya untuk apa anda sekarang ini membeli laptop? Gimana udah kebayang jawabannya? Dari sana akan menimbulkan pertanyaan, kalau saya perlunya untuk ngetik tapi pengen gaya, apa ya yang saya pilih? Kalau saya pake Cuma maen game, yang mana saya beli? Kalau saya seorang disain grafis, merek mana yang saya cari ya? Dan masih banyak lagi akan muncul pertanyaan seperi itu.

Saran dari saya, kalau anda hanya pegawai kantoran, siswa, atau mahasiswa ataupun Cuma masyarakat biasa yang hanya mnembutuhkan untuk keperluan ngetik, internetan, catting, facebookan dan lainnya saya rekomendasikan mencari laptop dengan specipikasi sedang, RAM sebaiknya minimal 1Gb, Prosesor Intel Minimal intel Atom sebaiknya Intel Core 2 Duo, layar 14’, kalau merek laptop gak usah kayaknya karena gak penting kalau Cuma untuk hal diatas semua merk juga bisa hehehehe…. Itu ja dah cukup cepat jika anda gunakan untuk keperluan tersebut.

Kalau untuk temen-temen yang suka maen game seperti saya ini ,Sebagai info laptop saya isi banyak game yang kapasitasnya minimal 1 Gb, ada lagi yang paling besar PES 2009 sampai 8 Gb tapi tetap saja lancar gimana dengan laptop temen gamers? Kalau menurut saya yang sebaiknya dipakai adalah RAM Minimal 3 Gb, Rm 72 biar gak cepat panes, VGA minimal 1 Gb, Prosesor yang integrated graphics card seperti AMD karena grafisnya lebih bagus dengan grafis yang bagus anda akn dapat meminkan game yang gak tersendat-sendat. Kalau laptop saya Merk Toshiba U405D dengan RAM 4 Gb, VGA 2 Gb AMD Turion X2, ATI Radeon, Rm 72 dan 64 Bit, Keuntungan 64 Bit, nanti kalau udah ada memori yang satu slotnya 4 Gb bisa dipasang di dua slot, jadinya RAMnya 8 Gb deh, Keren kan???

Bagaimana kalau dengan disainer? Kalau untuk di\sainer saya rasa sama dengan gamers. Karena disainer juga membutuhkan pembacaan grafis yang tinggi jadi saya sarankan untuk memilih laptop dengan spesifikasi seperti untuk gamers di atas.

C. Berapa Buget Anda?

Sebenarnya yang paling berkuasa dari segala pembelian laptop adalah BUGET!! Betul kan?? Anda pengen yang bagus, anda sudah memutuskan mana yang sudah pas untuk keperluan anda eh setelah dilihat teryata harganya busset!! Kecewa dah anda jadinya kan?




Jika Anda termasuk golongan orang yang suka menguras resource komputer, seperti Disainer Grafis, atau mungkin gamer berat berjalan, maka Anda membutuhkan tengtop (nama keren laptop katanya) yang bisa menunjang kebutuhan Anda. Prosesor Intel Core 2 Duo atau AMD 64 bisa menjadi pilihan utama Anda. Kisaran harganya di atas US$ 600. Tapi, sekali lagi jika Anda hanya akan menggunakannya untuk keperluan yang ringan, prosesor kelas Atom sudah cukup memadai. Harga yang ditawarkan sekitar $US 550. Namun, jika Anda termasuk orang yang tidak pusing soal harga, tentunya semahal apa pun produk yang ditawarkan tidak menjadi masalah.

2.. Pemilihan

Nah kalu anda sudah mantap dengan persiapan di atas, kni saatnya untuk memilih! Nyonreng! Eh bukan hehehe…
Berikut beberapa hal yang musti kalian teliti dulu sebelum memilih ya..

Dengerin ne saran tetua yang sudah membeli laptop Heeee

A. Diteliti dari processornya

Vendor prosessor laptop yang dominan di dunia yaitu Intel, AMD, dan VIA. Intel menjadi vendor yang memberikan harga paling menarik dibandingkan vendor lain. Apalagi mereka juga menelorkan ide whitenotebook yang menguntungkan bagi pabrikan laptop di dunia, sehingga penetrasi otak laptop ini sangat dominan di Tanah Air.

Berhubung otak laptop pabrikannya seragam, maka anda tidak perlu kawatir apakah itu celeron, dothan, core duo, core2 duo dst. Meski itu menawarkan harga yang cukup jauh antara otak processor celeron dengan core2 duo, tapi menilik kecepatan waktu proses sebenernya beda-beda tipis. Kongkretnya, ketika anda ditawarkan laptop dengan spesifikasi processor core2duo, tapi dengan cache 2MB, yang sama dengan processor core duo, buat apa? Misalnya anda ditawarkan core duo tapi tanpa anda cek lebih lanjut ternyata L2 cachenya cuman 1 megabyte, ini mah 'celeron-nya' core duo.

Belum lagi vendor-vendor software yang memanfaatkan teknologi inti ganda masih sedikit. Inti ganda prosesor yang tidak dimanfaatkan oleh sebuah aplikasi, otomatis juga hanya menggunakan satu inti prosesor, so berasanya beda tipis banget antar prosesor.

Selain performa prosesor, perlu Anda perhatikan pula bahwa voltase yang digunakan oleh prosesor berpengaruh terhadap suhu laptop. Ada seri prosesor intel ULV-Ultra Low Voltage yang diklaim memiliki suhu rendah dibandingkan seri prosesor intel lain. Konsumsi daya prosesor yang rendah, maka mengurangi suhu..laptop.

B. Diteliti dari harddisk

Harddisk sebagai media penyimpan data, rata-rata berukuran puluhan gigabyte. So jangan kuatir untuk kehabisan, kecuali Anda sering kopi film atau MP3 atau sering bermain data-data besar dalam laptop. Seorang teman yang jarang dengerin lagu, punya laptop yang berisi aplikasi, koding, tulisan, dan foto-foto jepretan kamera digital, dengan harddisk kapasitas 80GB masih menyisakan space kosong 30GB, padahal laptopnya udah dipakai 2 tahunan lebih.

Saya ibaratkan antara prosesor dengan rpm harddisk itu seperti siswa dengan petugas perpustakaan. Semakin cepat buku yang diminta siswa ditemukan oleh petugas perpustakaan, ya brati semakin cepat juga siswa tersebut membuat resume terhadap buku. Sejenius apapun siswa kalo petugas perpustakaannya lambat menemukan buku tersebut, ya lambat juga mengolah buku menjadi resume.

So jangan heran kalo ketika Anda mengeksekusi sebuah program pada komputer PC (pada kecepatan processor yang sama dengan laptop) akan terasa lebih cepat dibandingkan waktu eksekusi pada laptop. Karena harddisk tidak memberikan informasi secepat prosesor menterjemahkan informasi tersebut.

C. Diteliti dari RAM

Pengalaman saya sih, program Windows XP professional butuh ram efektif sekitar 300MB tapi saya saranin si yang 1 Gb supaya nantinya bisa dipake keperluan lain, supaya aplikasi terasa lancar dan nyaman, selain dari kapasitas harddisk kosong minimal 1 giga yah. Mungkin buat windows Vista ram efektifnya meningkat jadi 1 GB.

Bagaimana dengan RAM laptop Second? Jangan minder buat yang mo beli laptop second, tambahkan ramnya saja akan terasa peningkatan speednya. RAM sangat dibutuhkan bagi aplikasi yang membutuhkan kalkulasi matematis. Contohnya pada aplikasi yang mengolah data grafis (Adobe Photoshop, Coreldraw, dst), RAM sangat pengaruh. Besarnya ram dapat dikatakan selaras dengan kecepatan proses data grafis. Contohnya ram 1GB bisa memproses 2 x lebih cepat dibandingkan ram 512MB.

D. Dilihat dari VGA card

Pada kebanyakan portable PC terbagi menjadi dua tipe video chip sets, yaitu dedicated video dan integrated graphics. Pada video chip set sebagian besar diproduksi nVidia dan ATI/AMD , sementara untuk integrated graphics biasanya berlabel Intel. Apabila anda ingin menggunakan laptop anda untuk menjalankan game-game sederhana juga, maka pilihlah dedicated graphics, dan untuk anda yang benar-benar ingin bermain game di laptop, tidak hanya yang sederhana saja, laptop harus dibekali dengan 3D graphic memory yang lebih tinggi lagi, karena tentu saja game-game berat akan memakan cukup banyak memori pada laptop. Pilih dedicated graphic memori dengan kapsitas 256MB sampai 512MB ataupun lebih. Pada laptop tipe high-end desktop-replacement biasanya laptop sudah dibekali dengan graphic memory yang cukup canggih. Sementara integrated graphic memory rasanya cocok untuk laptop-laptop yang digunakan untuk kepentingan bisnis semata, akan tetapi untuk penggunaan Windows Vista pada laptop bisnis tentu membutuhkan graphic memory yang lebih powerful lagi.

Saat ini ada beberapa laptop yang menawarkan kemudahan Scalable Link Interface (SLI), yang artinya pada laptop dengan teknologi ini dapat menjalankan multiple graphic chips sekaligus. Seperti pada Alienware’s Area 51M m15x yang mengusung dua buah nVidia GeForce 8800M GTX cards pada kabin mesinnya.

E. Teliti hardware luarnya

1. Screen

Layar laptop secara langsung mencerminkan kenyamanan dalam berkomputer di portable PC, yang pada dasarnya semakin besar dan lebar maka akan semakin nyaman mata kita menikmati display laptop tersebut, terlebih lagi saat menonton film di laptop. Saat ini terdapat banyak sekali ukuran laptop yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda, dan untuk segi kualitas sangat berbanding lurus dengan harga laptop secara keseluruhan. Semakin mahal laptop tersebut maka pasti semakin baik kualitas layarnya.

Besar kecilnya layar laptop sangat berpengaruh terhadap berat dan kepraktisan mobilitas. Apabila anda punya beragam aktifitas yang mengharuskan anda kesana kemari, naka pilihlah laptop dengan ukuran 12.1 atau 13.3 inch, dengan model widescreen lebih baik. Namun apabila anda bukan orang yang perlu untuk kesana kemari untuk aktifitas berkomputer, maka pilihlah laptop dengan ukuran sekitar 17 inch atau lebih lebar lagi, disamping nyaman, anda juga memperoleh hasil maksimal saat berkomputer.
Dan untuk anda yang kadang-kadang kesana-kemari namun kadang-kadang juga dia di tempat, laptop paling ideal adalah laptop dengan ukuran 14.1 atau 15 inch, baik yang widescreen maupun tidak.

2. Battery

Life battery pada laptop setiap saat selalu dikembangkan untuk memperoleh hasil yang baik dan tahan lama. Pada sejumlah test yang telah dilakukan, laptop yang mengunakan Core Duo atau Core 2 Duo rata-rata dapat bertahan hingga 3,5 jam. Tapi pada prakteknya penggunaan tidak hanya pada prosesor saja namun juga akan terpakai untuk wireless receiver atau burning yang memakan banyak tenaga dari baterai. Yang perlu anda perhatikan adalah jumlah cell pada baterai yang dibawa oleh laptop tersebut, semakin banyak maka semakin tahan lama. Contoh 6-cell battery akan jauh lebih tahan lama dibandingkan 3-cell battery. Namun konsekuensinya juga akan semakin menambah berat pada laptop. Namun ada beberapa vendor laptop yang menyertakan juga extended battery. Secara umum laptop dengan ukuran kecil mempunyai ketahanan baterai yang lebih dari laptop tipe desktop-replacement dengan ukuran besar.

3. Keyboard and pointing device

Walaupun cepat atau lambat anda dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis dan ukuran dari keyboard laptop, tidak ada salahnya bila anda mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Laptop-laptop dengan tipe thin-and-light maupun UMPC pastinya memiliki keyboard dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari tipe desktop-replacement, yang berarti apabila anda mempunyai jari-jari yang besar, anda tidak akan cocok dengan keyboard ultraportable tersebut, dan tentunya jika anda memaksakan untuk membelinya tentunya tidak akan nyaman untuk digunakan.

Untuk urusan trackpad juga perlu diperhatikan sebelum membeli suatu varian laptop. Trackpad pada laptop yang ingin anda beli sebaiknya anda coba dahulu, karena pada beberapa trackpad sensitifitasya dapat berbeda dan itu sangat berpengaruh kelak. Namun untuk amannya lebih baik gunakan USB mouse daripada anda kesusahan memilih trackpad laptop.

4. Hard drive

Untuk ukuran hard drive sangat bergantung pada kebutuhan anda, banyak sekali pilihan kapasitasnya. Bahkan beberapa ada yang menyediakan tambahan hard drive maupun upgrading hard drive. Mulai dari 60GB samapi 200GB bahkan lebih. Kapasitas yang cukup standar adalah 120GB dengan 7200-rpm atau 160GB dengan 5400-rpm SATA hard drive.

5. Weight and bay design

Yang perlu anda pertimbangkan adalah pada ketersediaan optical drive (CD/DVD rom). Apabila anda tidak terlalu membutuhkan perangkat ini, tidak terlalu masalah apabila anda ingin membeli ultraportable laptop. Karena masih ada external drive yang dapat mensupport ultraportable laptop dalam hal tersebut.

Juga yang perlu anda perhatikan bukan hanya pada berat laptop, namun juga berat AC adapter, extra battery, external modul, dan kabelnya. Karena pada kenyataannya anda tidak mungkin membawa laptop berpergian tanpa sebagian dari perangkat-perangkat tersebut.

6. Communications
Beberapa laptop mempunyai full set port yang memenuhi setiap inci bagian tepi laptop. Serial port yang saat ini sudah jarang terpakai adalah PS/2 port (untuk mouse atau keyboard) dan infrared ports. Kebanyakan laptop sekarang mempunyai banyak parallel port dan sebuah PC Card slot, juga kadang terdapat ExpressCard slot juga.

Sebagian besar laptop harus memiliki sedikitnya dua buah port USB, walaupun ada yang menyediakan empat buah, bahkan sampai enam buah port USB. Tidak hanya itu, kini laptop hampir semuanya mempunyai FireWire (IEEE 1394) port untuk mengkoneksikan dengan external drive maupun digital-video camcorder.
Built-in ethernet juga seolah sudah menjadi standar tiap laptop keluaran terbaru. Beberapa juga membekali dengan Bluetooth untuk multimedia yang lebih baik. Dan pada hampir seluruh laptop dengan prosesor Intel Core Duo atau Core 2 Duo dan AMD’s Turion 64 X2 disediakan juga koneksi Intel’s wireless 802.11a/b/g chip set.

Ada beberapa fitur tambahan yang juga melengkapi untuk konektivitas, yaitu CompactFlash, Secure Digital, MultiMediaCard, Memory Stick, dan SmartMedia. Walaupun fitur-fitur tersebut masih jarang dipakai.

SlotUSB
Hampir semua alat elektronik membutuhkan tipe slot ini. Entah printer, scanner, kamera digital, handycam, MP3 player, dst.

Wifi
Intel centrino sejak generasi dothan telah mengintegrasikan Wifi dalam paket processornya, jadi rata-rata laptop baru bisa wifi. Nah kalo laptop 2nd, bisa membeli Wifi terpisah yang biasanya berbentuk USB, seharga 200-300rb. Jangan lupa pilih wifi yang mendukung tipe data G yang mencapai transfer rate 54MBps. Misal pada brosur spesifikasi laptop tertulis: Wifi 8211 a/b/g.

Infrared
Infrared ini dulu menjadi 'menu' wajib laptop lawas, tapi belakangan ini sudah mulai menghilang pada laptop generasi baru. Jaman sudah berganti menjadi wifi dan bluetooth.

Bluetooth
Bluetooth biasanya digunakan untuk menghubungkan laptop dengan media yang biasanya pake bluetooth, biasanya adanya pada handphone. Nah selanjutnya terserah mau diarahkan menjadi modem, LAN, fax, dst tergantung kebutuhan.

Finger print
Finger print ini digunakan sebagai sandi kunci pengguna laptop. Hanya orang-orang yang sandi jarinya sesuai yang dapat menjalankan laptop tersebut.

Paralel port
Bilamana Anda masih memiliki printer lawas yang menggunakan slot paralel, sebaiknya anda pikir-pikir untuk menjual PC anda dan menggantikannya dengan laptop baru. Biasanya slot paralel ini sudah hilang pada laptop baru, sedangkan pada PC tidak masalah.

Anti water-spill
Anti water-spill ini merupakan fitur yang memungkinkan laptop menangani air yang jatuh pada permukaan keyboardnya tanpa merusak komponen didalamnya. Bahkan ada yang bisa mengalirkan air tumpahan tersebut keluar dari bawah laptop.

Shock-absorber
Ini teknologi yang menjaga eksistensi data dalam harddisk ketika laptop terjatuh. Dulu pameran Komtek di Jakarta tahun 2006 pernah didemonstrasikan laptop Lenovo yang secara sengaja dijatuhkan dari meja, hanya blank sebentar layarnya kemudian laptop bisa jalan normal kembali. Sebenernya shock ini menjaga head harddisk supaya dalam posisi nol ketika ada goncangan. Pergeseran head ini biasanya akan menyebabkan harddisk rusak dan tak bisa lagi dibaca.

Firewire
Tipe slot ini biasanya dibutuhkan pada alat elektronik handycam dan video transfer lain. Transfer rate firewire lebih cepat dari USB, biasanya data video yang ditransfer melalui firewire lebih bagus kualitasnya dibanding USB.

Hah akhirnya selesai juga ngeti n ngedit ni…rugi neh kalau gak dibaca…Kalau udah baca gimana karang udah mendngan kebingungannya? Udah bisa kan sekarang cara memilih laptop yang pas untuk anda? Kalau masalah cara menawar harga laptop ya bukan saya yang anda Tanya, tapi saya juga bisa si tapi rahasia hehehe…tunggu postingan selanjutnya…untuk itu comment ya dibawah ini atau di shoutboxnya ya?


SIIIP!!!!


Dari berbagai sumber

Tanggapan Sobat:

0 comments:

Post a Comment