8.03.2009

LOMBA PERENCANAAN DAN PEMBUATAN MINIATUR JEMBATAN OLIMPIADE TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA BALI

A. Latar Belakang

Sebagai Negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau yang dipisahkan oleh perairan. Indonesia perlu membangun sarana dan prasarana transportasi khususnya di bidang teknologi jembatan. Selain sebagai infrstruktur dan alat untuk menghubungkan pulau – pulau di indonesia, jembatan juga dapat meningkatkan perkembangan perekonomian bangsa Indonesia.

Pada tahun 2009 ini akan diselenggarakan kembali ajang kompetisi Lomba Perencanaan dan Pembuatan Miniatur Jembatan yang merupakan tradisi tahunan di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Udayana. Bukan hanya itu saja dalam rangka mendekatkan dan lebih memperkenalkan Fakultas Teknik jurusan Teknik Sipil Universitas Udayana kepada masyarakat luas bahwa sebenarnya lulusan teknik sipil bukan hanya bergerak dalam bidang pembangunan sebuah bangunan saja tetapi juga bisa juga ikut berperan aktif dalam mengatasi masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan sehari-hari diantaranya kemacetan, banjir, kekeringan dan pemerataan ekonomi dimana salah satunya diwujudkan dengan pembangunan sebuah jembatan sebagai jalur alternatif yang dapat memudahkan menjangkau daerah terpencil dan menjadi jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan.

Lomba Perencanaan dan Pembuatan Miniatur Jembatan 2009 adalah suatu kompetisi mengenai hasil penulisan pemikiran kritis dan kreatif siswa berupa idea atau gagasan dalam mengidentifikasi dan menemukan solusi atas permasalahan sehari-hari. Penulisan tersebut tertuang dalam karya tulis dengan ketentuan yang telah diberlakukan dan disertai dengan pembuatan maket.

B. Tujuan

1. Menggali dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh siswa/i SMA/SMK/Sederajat dalam upaya untuk meningkatkan kreatifitas siswa di Indonesia.
2. Menumbuhkan daya tarik bagi siswa/i SMA/SMK/Sederajat untuk kedepannya lebih mendalami ilmu keteknik sipilan khususnya dalam hal rekayasa rancang bangun jembatan.
3. Menciptakan dan membudayakan iklim kompetisi dikalangan siswa/i SMA/SMK/Sederajat.

C. Tema dan Topik

Secara umum, Lomba Perencanaan dan Pembuatan Miniatur Jembatan 2009 membahas tentang penyelesaian masalah sehari-hari dengan topik ”Perancangan Miniatur Jembatan Kreatif yang Ramah Lingkungan”. Tulisan disesuaikan dengan topik, peserta bebas untuk mengembangkan ide dan kreasinya berdasarkan disiplin ilmu yang ditekuninya atau disiplin ilmu yang berbeda.


D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Lomba Perencanaan dan Pembuatan Miniatur Jembatan 2009 akan dilaksanakan pada 28 - 30 September 2009 bertempat di Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Jimbaran, Bali.

E. Persyaratan Peserta

1. Peserta Lomba Perencanaan dan Pembuatan Miniatur Jembatan 2009 adalah siswa/i SMA/SMK/Sederajat se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

2. Peserta adalah kelompok dengan jumlah anggota maksimal 3 orang siswa/siswi.

3. Peserta dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda yang ditekuni oleh bersangkutan.

4. Peserta belum pernah mempublikasikan atau memperlombakan karya tulis yang sama pada lomba lain.

5. Selain karya tulis, peserta juga membuat maket jembatan dengan ukuran minimal 50 x 50 cm.

F. Persyaratan Pengiriman

1. Peserta mengirimkan karya tulis serta foto ukuran 4R dari maket jembatan yang telah dibuat.

2. Karya tulis wajib dikirimkan dalam dua bentuk yakni Print Out sebanyak tiga rangkap dengan warna cover biru dan dalam bentuk Compact Disc (CD).

3. Wajib membayar biaya registrasi sebesar Rp 75.000,00 per kelompok.

4. Waktu pengiriman 24 Agustus 2009 - 7 September 2009 di sekretariat bersama Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Jl. PB. Sudirman, Denpasar

G. Proses Seleksi

1. Seleksi awal dilakukan oleh tim penilai khusus untuk memilih peserta yang memenuhi persyaratan dan kriteria penilaian

2. Peserta yang telah dinyatakan lolos akan diundang untuk mengikuti technical meeting pada 13 September 2009 untuk membahas teknis presentasi.

3. Presentasi dilakukan secara resmi dan terhormat dengan mengundang peserta yang telah memenuhi persyaratan tersebut diatas ke Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil, Universitas Udayana.

4. Yang dipresentasikan adalah karya tulis dan maket jembatannya. Untuk itu, peserta diwajibkan untuk membawa maket jembatan yang telah dibuat dan harus sesuai dengan foto yang telah dikirim sebelumnya.

H. PENUTUP

Pedoman ini diharapakan menjadi acuan bagi seluruh peserta Lomba Perencanaan dan Pembuatan Miniatur Jembatan 2009 dan penilai serta pembimbing di setiap sekolah. Semoga pedoman ini bermanfaat bagi yang memerlukan.


UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN LIHAT DI OLIMPIADE TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA

4 comments:

Siang sob, dalam rangka apa koq postingannya koq kayak skripsi segala? he..he... lagi ikuti lomba atau apa Sob? he..he....

Blog walking Sob... kenapa koneksinya? koq ga ada lg buku tamu ya atw dr awal emang ga ada? Aku koq lupa ya?


Makasih ya

udah mau mampir ke blogku....

Wah kren nih.. ikuT gak ya ??

Post a Comment