7.14.2009

Mencegah berubahnya huruf pada saat presentasi

Membuat presentasi dengan PowerPoint memang mudah dilakukan. Selain cepat membuatnya, presentasi Anda juga dapat lebih menarik berkat adanya efek-efek yang banyak, sehingga bagi yang menyimak presentasi Anda, mereka tidak cepat bosan dan mengantuk. Namun, pernahkah Anda menjumpai di saat presentasi, hasil keluaran PowerPoint yang dibuka hurufnya tidak sama seperti pada saat Anda membuatnya semalam? Tentunya akan merepotkan bila hal itu terjadi.

Kejadian bedanya huruf yang ditampilkan dapat terjadi bila komputer yang digunakan berbeda pada saat membuat dan mempresentasikan. Pada computer yang disediakan untuk presentasi jenis-jenis huruf yang tersedia tidak sama dengan komputer untuk membuat. Ketika Anda menyimpan file PowerPint, program tersebut hanya menyimpan nama huruf yang digunakan, sehingga apabila file PowerPoint tersebut dibuka pada computer lain yang tidak menyediakan huruf yang berada di dalam file, maka keluarannya pun akan berubah.

Untuk mencegah hal yang demikian itu, dan mencegah malunya Anda jika kejadian tersebut baru Anda sadari di tengah-tengah presentasi, maka ada baiknya Anda memperhatikan trik ini. Ketika Anda merasa telah selesai membuat file presentasi dengan Power-Point, dan tinggal menyimpannya di dalam hard disk atau CD, maka Anda harus menggunakan perintah "Save As" dari "File". Kemudian beri nama file pada bagian "File Name". Setelah selesai memberi nama, Anda jangan langsung menekan tombol "Save" melainkan tekan tombol "Tool" yang berada di bagian kanan atas. Lalu pilih pada bagian "Embed True Type Fonts". Jika sudah, kini silakan Anda menekan tombol save. Dengan cara ini, huruf yang Anda gunakan di dalam file PowerPoint tidak hanya disimpan namanya, melainkan keseluruhannya, sehingga dapat digunakan di komputer dengan huruf berbeda.




Dari berbagai sumber

Tanggapan Sobat:

0 comments:

Post a Comment