8.09.2009

NaNo STorage; USB Flashdisk Segera Menembus Batas Terabyte

Pada pertengahan tahun 90-an, disket berkapasitas 1,44 MByte menjadi media eksternal paling populer. Saat ini, media tersebut sudah digantikan oleh USB Flashdisk berkapasitas antara 1 sampai 8GB. Namun, kebutuhan akan kapasitas semakin hari semakin besar. Hard disk magnetik sebenarnya sudah harus diganti dengan flash hard disk. Masalahnya, teknologi ini masih mahal dan memiliki keterbatasan.

Solusinya ditawarkan dengan "Programmable Metallization Cell" (PMC), sebuah memory nano baru yang merupakan hasil pengembangan para ahli dari Arizona State University Center for Applied Nanoionics (CANi). Proyek ini dilaksanakan bekerja sama dengan Research Center Jülich. Sebuah flashdisk PMC sekarang dapat menampung data sampai 1 Terabyte (1000 GB) dengan harga hanya sepersepuluhnya. “Teknik kami sangat efisien karena kami sudah menggunakan bahan-bahan yang menggunakan memory chip. Kami hanya perlu menggabungkannya dengan cara yang sedikit berbeda,” demikian penjelasan Professor Michael Kozicki dari CANi.

Di sini, informasi tidak disimpan sebagai muatan listrik, tetapi dengan menggerakkan ion tembaga dalam chip. Bila salah satu “kawat tembaga nano” ini menghubungkan dua elektroda, berarti nilainya adalah “1”, kawat tidak bergerak berarti nilainya “0”. Menurut CANi, kalangan produsen memori telah menunjukkan minatnya pada teknologi ini. Ada tiga perusahaan yang dipastikan akan mendapat lisensi teknologi ini. Produknya akan diperkenalkan pada akhir tahun 2009 mendatang.
Info: www.fulton.asu.edu

4 comments:

wow keren tuh flash!!!!!!



http://www.pes2010patchs.com/

your article is very good,you seems so educated

wowww...mantapp deh kalo begitu, kayanya bingung mau nyimpan file apa saja nih kalo bnr2 keluar...

dengan kapasaitas sebesar itu, transfer ratenya berapa lama sob? softawarw portnya sptnya tidak lagi bisa pake 2.0 tuh..

Post a Comment