7.14.2009

Hardware juga dapat disadap

Siapa pun yang bekerja dalam jaringan ada kemungkinan untuk disadap. Risiko ini dapat disingkirkan dengan sebuah cara sederhana dan radikal: Cabut kabel network dari belakang PC. Namun, keamanan ini juga semu. Dengan sedikit upaya, monitor, keyboard, atau media magnetik seperti disket dan hard disk juga dapat disadap.

Masalah ini memang sudah diketahui sejak lama, tetapi jangkauannya baru jelas setelah sebuah penelitian tentang hal itu dilakukan. Seorang profesor dari Belanda, Wim van Eck, dengan karyanya 'Radiasi elektromagnetik dari monitor: Sebuah risiko penyadapan?' menggambarkan untuk pertama kali secara rinci mengenai masalah radiasi perangkat digital.

Cara menyadap: Dengan bantuan sebuah pesawat TV biasa, isi monitor Anda di ruang sebelah atau yang jaraknya cukup jauh dapat dimata-matai. Di samping pesawat TV, dibutuhkan antena penerima yang tepat dan sebuah penguat sinyal. Dengan perangkat yang bagus, gambar hitam/putih masih dapat ditampilkan dalam jarak 1000 m dalam kualitas baik. Sumber masalah bukan pulsa sinkronisasi horizontal atau vertikal pada monitor, melainkan data berfrekuensi lebih
tinggi yang datang dari graphic-card. Kabel monitor di sini berfungsi seperti antenna pemancar yang mengirim data ke udara. Walaupun monitor modern yang mengikuti aturan keamanan lingkungan dan standar FCC mengeluarkan sinyal yang sangat lemah, datanya masih bisa ditangkap dari jarak ratusan meter.

Seorang hacker dapat mengarahkan antenanya secara optimal ke pengirim sinyal dan menampilkan gambar hitam putih yang bersih. Untuk membaca teks atau menyadap mesin ATM, itu sudah lebih dari cukup. Frekuensi horizontal di atas 75 kHz juga dapat diatasi: Dengan tambahan perangkat yang dapat mencapai ribuan dollar, bahkan dapat disadap gambar berwarna. Tidak hanya monitor yang dapat disadap dengan cara ini, tetapi juga hard disk, keyboard, dan mouse.

Cara melindungi diri: Jika ingin melindungi rahasia perusahaan dari penyadapan oleh pesaing bisnis, dibutuhkan pemancar sinyal pengacau (scrambler). Cara lainnya yang lebih sederhana adalah dengan membangun Sangkar Faraday.




Dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment