7.14.2009

Menemukan baris dan kolom terakhir dengan lebih teliti

Di dalam Microsoft Excel, jika tugas yang sedang Anda kerjakan sangat banyak seringkali Anda membuatnya dengan banyak baris dan kolom. Perubahan atau proses edit juga sering Anda lakukan untuk langkah pengecekan. Jika data yang Anda cari masih di dalam area layar monitor Anda, tentunya Anda akan mudah menemukannya. Sedangkan jika data Anda terletak pada sel terakhir (baik baris dan kolom), dan data tersebut yang akan digunakan, maka Anda agak susah menemukannya, apalagi dengan menggulung layar. Namun, Excel memberikan langkah praktis, dengan menekan tombol "Ctrl+End", maka kursor akan menuju ke dalam sel terakhir. Sebagai contoh, jika data terletak pada baris ke 30 dan kolom W, maka "Ctrl+End" akan membawa Anda ke sel "W30".

Sayangnya, fungsi "Ctrl+End" ini kurang teliti jika Anda mengubah sel-sel awal. Contohnya, jika Anda menghapus 2 kolom awal dan 2 baris awal, maka "Ctrl + End" akan tetap membawa Anda ke sel "W30", bukannya "V28", terkecuali jika Anda menyimpannya terlebih dahulu, menutup data tersebut, dan membukanya kembali dari awal lagi, Excel baru akan membawa Anda ke sel "V28". Dengan demikian cara tersebut kurang teliti terhadap perubahan-perubahan tanpa menyimpan dan menutupnya. Di dalam trik kali ini akan ditunjukkan cara lain yang lebih sempurna untuk proses pengecekan data tersebut, dengan menggunakan fasilitas makro.

Pertama buka "Visual Basic Editor" dari menu "Tools Macro". Setelah program tersebut terbuka, buatlah modul baru dengan mengklik "Insert Module". Salin list makro dibawah ini.

Sub FindLast2()
x = ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count
ActiveCell.SpecialCells(xlLastCell).Select
End Sub

Jalankan proses "Compile" dari menu "Debug". Simpan dan beri nama sesuai keinginan Anda. Tutup Visual Basic Editor tersebut, untuk kembali ke dalam lembar kerja. Sekarang Anda tinggal membuat tombol singkatnya. Buka "Customize" dari menu "Tools", dan tujukan kepada tab "Commands". Pilih bagian "Macros", dan lakukan "drag and drop" pada "Custom Button" ke dalam toolbar di atas yang masih kosong. Klik kanan tombol baru tersebut, pilih pada "Assign Macro". Kemudian dari jendela yang terbuka klik ganda pada pilihan "FindLast2". Anda dapat menggati logo "Mr. Smile" dengan logo lainnya atau dengan tulisan, dengan mengklik kanan kembali tombol baru tersebut. Setelah semuanya selesai, kini Anda dapat menutup jendela "Customize".




Dari berbagai sumber

Tanggapan Sobat:

0 comments:

Post a Comment