7.15.2009

Mengubah ukuran Thumbnail

Apabila Anda berada dalam Windows Explorer dan masuk ke dalam menu "View", Anda akan melihat pilihan "Thumbnails". Cobalah Anda masuk dalam sebuah folder, kemudian aktifkan
fasilitas ini, terlihat bahwa tampilan file-file yang tersusun dalam folder tersebut akan berubah bentuk. Jika dalam folder tersebut terdapat file gambar, file tersebut pun akan terlihat dalam bentuk gambarnya.

Fasilitas thumbnail ini dimaksudkan agar pengguna dapat dengan mudah bernavigasi dalam menemukan file-file yang telah disimpannya. Apabila Anda perhatikan, tampilan file-file dalam
thumbnail memiliki ukuran yang sama, yaitu berbentuk bujur sangkar. Mungkin Anda tidak suka dengan tampilannya, yang menurut Anda masih terlampau besar. Apabila demikian, tak perlu pusing-pusing.

Anda dapat memperkecil ukurannya dengan mudah. Untuk melakukannya, masuk saja ke "Registry Editor", kemudian pilih "HKEY_ LOCAL_MACHINE Software Microsoft Windows CurrentVersion Explorer". Setelah Anda berada dalam key "Explorer", kini klik kanan mouse Anda pada bidang bagian kanan dan pilih "New DWORD value". Berikan nama value tersebut "ThumbnailSize". Klik ganda value tersebut dan masukkan nilai antara 32 dan 256. Coba sekarang Anda jalankan fasilitas thumbnail lagi dan liat perubahannya. Ukuran thumbnail akan berubah dengan ukuran semula.

Dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment