7.14.2009

Mouse menggunakan sensor optikal

Mouse yang menggunakan sensor optikal membutuhkan lebih banyak daya daripada mouse biasa. Sebuah trik dapat membuat mouse wireless Anda beroperasi lebih lama.

Konsumsi daya optical-mouse dapat diturunkan secara signifikan dengan cukup mudah: Pengujian yang dilakukan oleh Rahasia Laptop membuktikan, bahwa dengan menggunakan mousepad yang terang, optical mouse membutuhkan energi lebih sedikit.

Optical-mouse melacak perubahan posisi mouse melalui sensor optik yang ‘melihat’ perubahan mousepad dimana mouse ditempatkan. Agar sensor dapat 'melihat', mousepad diterangi dengan sebuah lampu. Diode ini menyesuaikan intensitas cahaya yang dikeluarkannya dengan kekuatan pantulan mousepad. Semakin terang atau reflektif bahan mousepad, maka semakin kuat cahaya yang dipantulkan kembali. Dalam situasi ini, diode akan mengurangi intensitas cahaya dan ini berarti mengkonsumsi daya lebih sedikit.

Rahasia Laptop telah mengukur konsumsi energi optical- mouse terbaru di lab, baik dengan mousepad warna hitam maupun mousepad putih. Bedanya cukup signifikan: Pada Wireless Intellimouse Explorer terbaru dari Microsoft, konsumsi daya turun dari 46 mA menjadi 35 mA. Untuk Logitech Cordless MouseMan Optical lebih besar lagi, yaitu dari 43 mA menjadi 28 mA – atau berarti penghematan sebesar 35%. Bila Anda menggunakan baterai alkaline biasa, Anda bisa menggunakan mouse hingga 75 jam, lebih lama dibandingkan bila dengan mousepad hitam, yang sekitar 50 jam.

Tampaknya produsen juga menyadari hal ini.Informasi yang sama dapat dibaca dalam section Support di website Logitech (www. Logitech.com). Penghematan ini membuat pengoperasian mouse optical tidak berbeda jauh dengan penggunaan mouse wireless biasa. Perbedaan yang besar memperpanjang waktu reaksi mouse, sehingga optical-mouse tertentu tak dapat digunakan untuk bermain game karena begitu lambatnya reaksi.

Mousepad dengan motif seperti kulit sapi dari Gateway (gambar atas) menimbulkan masalah lain. Pengguna harus konsekuen menggunakan bagian pad yang berwarna putih. Bila penghematan energi penting bagi Anda, sebaiknya gunakan mouse mekanis. Wireless WheelMouse dari Microsoft hanya menyedot 4 mA dari bateri mininya ketika tidak digunakan.
Optical-mouse akan menggunakan paling sedikit sekitar 10 mA. Bahkan ketika bergerak sekalipun, konsumsi energi WheelMouse masih di bawah 20 mA.





Dari berbagai sumber

Tanggapan Sobat:

0 comments:

Post a Comment