7.15.2009

Menambah kolom pada Start Menu

Bagi penggemar komputer, mungkin Anda sering meng-install banyak program didalamnya. Hal itu disebabkan karena tuntutan dari pekerjaan Anda, atau ingin sekedar mencoba-coba program-program baru. Namun, semakin banyak program di dalam PC maka semakin sesak daftar program di dalam start menu, begitu juga di jendela desktop Anda.

Banyaknya program yang terdapat di dalam start menu mengakibatkan, sebagian program akan menghilang dari daftar. Anda harus mengklik "more programs" untuk menampilkannya, dan kolom pada start menu akan terlihat panjang, sehingga Anda perlu untuk menggulung baik ke atas maupun ke bawah untuk melihat keseluruhan program.

Jika Anda menginginkan semua program terlihat, manfaatkan fungsi registry yang ada di dalam Windows. Program akan terlihat semuanya dengan penambahan kolom disampingnya. Pertama buka registry editor dari menu "Start Run", dan ketik "regedit". Tekan "enter" dan masuklah ke entry "HKEY_LOCAL_MACHINE Software Microsoft Windows CurrentVersion Explorer Advanced". Di jendela bagian kanan buat entry baru dengan mengklik kanan mouse Anda, dan pilih "New String Value". Beri nama "StartMenuScrollPrograms". Jika sudah, klik ganda entry baru tersebut, ketik "false" pada bagian "Value data". Klik “OK” dan keluarlah dari program Registry Editor.

Sekarang restart komputer Anda. Setelah proses restart, jika komputer Anda banyak terdapat program, maka akan diletakkan pada kolom baru di sampingnya.

Dari berbagai sumber

1 comments:

Post a Comment