7.15.2009

Menyembunyikan setting Screen Saver pada Properties

Apabila Anda bekerja dengan menggunakan sistem operasi Windows XP atau Windows 2000, maka Anda dapat menonaktifkan setting Screen Saver pada komputer Anda. Adanya Screen Saver memang sangat bermanfaat, terutama jika Anda meninggalkan computer untuk beberapa saat. Namun, jika hanya Anda yang berhak untuk mengaturnya, maka tentunya Anda juga merasa khawatir, jika teman atau pengguna lain di sekitarnya dengan tidak diketahui oleh Anda, ikut mengubah dan mengatur komputer Anda. Apabila Anda tidak ingin hal seperti itu terjadi, mengapa tidak disembunyikan saja featute tersebut.

Untuk menyembunyikannya, ubahlah registry pada Windows Anda. Buka registry editor seperti biasanya. Apabila Sudah terbuka, masuklah ke entry "HKEY_CURRENT_USER Software Microsoft Windows CurrentVersion Policies System". Pada jendela sebelah kanan, Anda buat entry baru dengan nama "NoDispScrSavPage", Anda dapat membuatnya dengan mengklik kanan tombol mouse, lalu pilih "New DWORD Value". Selanjutnya, klik ganda entry "NoDispScrSavPage" tersebut. Pastikan bahwa pilihan "Hexadecimal" telah Anda pilih pada bagian "Base". Sebagai langkah terakhir, isilah pada bagian "Value data" dengan angka "1". Klik OK, dan selanjutnya Anda dapat keluar dari registry editor. Tekan tombol F5 untuk me-refresh komputer Anda. Sekarang Anda dapat mencoba mengklik kanan pada desktop. Jika pilihan Properties yang Anda pilih, maka sudah tidak ada lagi tab “Screen Saver” di sana.

Namun, apabila Anda menginginkan untuk kembali pada keadaan defaultnya, dimana setting “Screen Saver” dapat terlihat lagi, Anda dapat mengembalikannya dengan langkah yang sama seperti di atas. Ganti saja dengan angka “0” untuk mengaktifkannya kembali, pada pada bagian “Value data”.

Dari berbagai sumber

Tanggapan Sobat:

0 comments:

Post a Comment